Artikel Database Dan Sistem Retrieval Informasi

Diposting oleh Unknown on Rabu, 10 Oktober 2012


Artikel Database Dan Sistem Retrieval Informasi - Kali ana saya akan memposting Artikel Database Dan Sistem Retieval Informasi. Selain untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Teknologi Sistem Informasi yang diberikan oleh dosen akademik Pengantar Teknologi Sistem Informasi Pak Agus Lahinta., ST., M.Kom. Siapa tau artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman sekalian. 



Artikel Database Dan Sistem  Retrieval Informasi

A. Database
     1. Pengertian
         Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
     2.  Konsep Dasar Database
          Konsep Dasar database adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah database memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan didalamnya, penjelasan ini disebut skema. skema menggambarkan obyek yang diwakili suatu database, dan hubungan diantara obyek tersebut. ada banyak cara mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur database,ini dikenal sebagai database model atau model data. Model yang umum digunakan sekarang adalah model relasional, yang menuntut istilahnya yaitu mewakili semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom ( definisi yang sebenarnya menggunakan terminologi matematika ). dalam model ini, hubungan antar tabel diwakili dengan menngunakan nilai yang sama antar tabel. Model lain seperti model hierarkis dan model jaringan menggunakan cara yang lebih eksplisit untuk mewakili hubungan antar tabel.

B. Sistem Retrieval Informasi
     1. Pengertian
         Informasi retrieval informasi merupakan bagian dari komputer science yang berhubungan dengan pengambilan informasi dari dokumen-dokumen yang didasarkan pada isi dan konteks dari dokumen-dokumen itu sendiri. Berdasarkan referensi dijelaskan bahwa Retrieval Informasi adalah suatu pencarian informasi yang didasarkan pada suatu query yang diharapkan dapat memenuhi keinginan user dari kumpulan dokumen yang ada.
     2. Sejarah
         Sistem informasi otomatis pertama pengambilan diperkenalkan pada 1950-an dan 1960-an. Pada tahun 1970 beberapa teknik yang berbeda telah terbukti melakukan dengan baik pada corpora teks kecil seperti koleksi Cranfield ( beberapa ribu dokumen ) sistem pengambilan besar-besaran, seperti sistem dialog Lockheed. Mulai dipakai pada awal tahun 1970.
         Pada tahun 1992, Departemen Pertahanan AS bersama dengan institut Nasional standar dan Teknologi ( NIST ), mensposorikonferensi text Retrieval ( Trec ) sebagai bagian dari program text TIPSTER. Tujuan dari ini adalah untuk melihat kedalam pencarian informasi masyarakat dengan menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan untuk evaluasi metedologi pencarian teks pada koleksi text yang sangat besar. Penelitian ini katalis pada metode yang skala untuk korporasi besar. pengenalan mesin pencari web telah meninggkatkan kebutuhan untuk sistem skala yang sangat besar pegambilan lebih jauh.
          penggunaan metode digital untuk menyimpan dan mengambil informasi telah menyebabkan fenomena usang digital, dimana sumber daya digital tidak lagi dapat dibaca karena media fisik, pembaca diminta untuk membaca media, perangkat keras atau perangkat lunak yang berjalan diatasnya, tidak lagi tersedia. Informmasi ini awalnya lebih mudah untuk mengambil dari pada jika berada diatas kertas, tetapi secara efektif hilang

         



{ 2 komentar... read them below or add one }

Anonim mengatakan...

Keren Bro' Artikelnya....!!!

Unknown mengatakan...

thnks bro ! :D

Posting Komentar